Minggu, 27 April 2008

"PLAGIAT PHYSIOGNOMI"

Penjiplakan, menjiplak karangan orang lain dan mengakuinya sebagai karangan sendiri, lalu menyiarkannya kepada umum untuk mendapatkan keuntungan. Terkadang kebanyakan pengarang menyalah artikan, bahkan menyalahgunakan dasar pemikiran teori seni "Mimesis-Memeseos". Sebagai alat iman yang digunakan oleh sebagian pengarang untuk menjiplak, Atau dalam bahasa lainnya "Mengutip dan Terkutip".

Menurut Plato, karya seni adalah tiruan dari kenyataan yang ada di dunia (kecuali musik), jadi jauh dari kebenaran sejati. Penerapan teori ini, dari waktu ke waktu semakin berkembang bagi para penganutnya. Bukan hanya sekedar "Naturalisme" saja, sebagai tolak ukurnya. Namun penerapannya, sudah semakin berkembang lebih ke tingkat yang "Idea Plato" pernah ada.

Bahkan sampai penerapannya ke tahap teori "Physiognomi". Dimana teori yang menyatakan bahwa pribadi seseorang ditentukan oleh bentuk serta raut muka, rambut, dan bentuk kepala. Dimana, sekarang ini banyak terjadi sebuah "Plagiat Physiognomi" yang secara tidak sadar kita namakan dengan sebuah "Trend".

Inikah yang disebut oleh Plotinos dengan Homogenitas dalam seni. Ataukah lebih untuk ke arah Heterogenitas seni, itu sendiri ?

0 comments: