Senin, 12 Januari 2009

"CLIVE BELL (1881-1964)"

Clive Bell (1881-1964) adalah salah satu tokoh estetika yang termasuk menonjol dalam organisasinya yang dikenal dengan "Bloomsbury Group of The twenties", dan bersama-sama dengan Roger Fry dan Herbert Read, salah satu anggota dari kelompok yang paling berpengaruh dalam "English Critical Theoreticians of Art" di abad ke-20. Clive Bell, termasuk seorang tokoh yang sangat ahli dalam bidang prosa dan juga menulis dengan sopan, halus, dan juga bisa keras, jahat tentang kebaikan dan juga tentang keburukan dari sebuah karya seni yang sejaman dengannya dan juga tentang seniman-senima dari zaman kuno sampai abad ke-20.

Clive Bell adalah seorang filsuf dan pemikir seni dari Inggris. Teori estetika yang disimpulkan oleh Clive Bell, berangkat dari "Pengalaman Estetika" sebagai pengalaman pribadi. Pembahasan tentang teori yang diutarakan oleh Clive Bell akan memperjelas pendekatan subyektif dalam pemahaman karya seni.

"The starting point of all systems of aesthetics must be the personal experience of peculiar emotion".

"All systems of aesthetics must be based on personal experience that is to say, they must be subjective."

tujuan utamanya di dalam teori "Modern of beauty and style" adalah konsep tentang bentuk yang bermakna (Significant Form). Konsep ini, pertama kali diperkenalkan dalam buku "Art" (1913) dan juga kemudian juga bisa disebut sebagai tumpuan atau tiang pengetahuan yang bisa dianggap melebihi apa itu yang disebut seni.

. . . Only one answer possible - significant form. In each, lines and colors combined in particular way, certain forms and relations of forms, stir our aesthetic emotions.

"The essence of art its usefulness in helping us to comprehend and improve our overall life experiences. Good art is always a means to some importand end".

"It is often assumed that the aesthetic experience is equally marginalized in schools by prevailing cultural pressures of accountability and pragmatism and the dominant the dominant functionalism of education".

0 comments: