Sabtu, 30 Agustus 2008

"RENE DESCARTES (1596-1650)"

Rene Descartes (Cartesius) dilahirkan di La Haye, Touraine (Perancis) pada 1596. Ia dijuluki sebagai Bapak Filsafat Modern, karena dialah yang meletakkan dasar-dasar pemikiran bagi aliran Rasionalisme. Ia belajar Filsafat di Kolese La Fleche, yang dipimpin oleh para Pater-pater Yesuit, tetapi ia tidak puas dengan filsafat dan ilmu pengetahuan yang menjadi bahan pendidikannya.

Ia tidak senang dengan cara hidup lingkungannya yang BORJUIS. Setelah meninggalkan Kolese, ia mendaftarkan diri menjadi TENTARA JERMAN. Ketika sedang berkemah di dekat Kota Ulm, ia mendapat "Mimpi" yang terkenal (10-11 November 1619) : Sebuah penglihatan yang diberikan Tuhan tentang satu ilmu Induk. Ilmu itu disusun oleh satu orang menurut satu metode saja. Metode itu adalah metode Metematis. Dengan metode tersebut akan, tercapailah Kesatuan semua Ilmu Pengetahuan. Ia merasa terpanggil untuk mewujudkan mimpi tersebut. Dan karena itu, ia juga banyak bepergian ke luar negeri.

Selama dua puluh tahun (1629-1649) Descertes tinggal di negeri Belanda. Di sana ia menuliskan karya-karyannya yang terpenting. Di sana juga karya-karyanya pertama kali diterbitkan. Pada 1649, ia diundang ke Swedia oleh Ratu Christina, yang tertarik untuk mempelajari Filsafatnya. Akhirnya ia meninggal dunia di Stockholm, Swedia pada 1650.

0 comments: