Senin, 01 Desember 2008

"FRIEDRICH NIETZSCHE (1844-1900)"

"The poet's task is this, my friend,
to read his dreams and comprehend.
The truest human fancy seems
To be revealed to us in dreams :
All poems and versification
Are but true dreams interpretation".

Lahir tanggal 15 Oktober 1844. Di samping sebagai filsuf juga sebagai sastrawan hasil karyanya di samping bernilai sastra yang tinggi juga merupakan hasil pemikiran filsafat yang mendalam dengan, demikian sangat sukar membedakan secara tegas apakah ia seorang sastrawan ataukah seorang filsuf karena semua karyanya dapat dimasukkan ke dalam kedua cabang ilmu itu, dalam sebuah bukunya yang berjudul Faust. Yang menggambarkan Faust, sebagai seorang yang mencari kesempurnaan dan kebebasan yang sungguh-sungguh yang hanya dapat dicapai setelah melampaui banyak kesukaan. Semboyannya yang amat terkenal ialah : Amorfati : tidak saja tabah, menanggung penderitaan akan tetapi mencintainya.
- Hiduplah berbahaya.
- Kirim kapal-kapalmu kelautan yang belum dijelajah.
- Hiduplah dalam keadaan perang.
Demikianlah tekat Nietzsche dalam mengarungi kehidupan.

Friedrich Wilhelm Nietzsche adalah seorang filsuf, penyair, dan psikolog penting berkebangsaan Jerman. Ia menjadi salah satu pemikir yang paling provokatif dan berpengaruh pada abad ke-19. Nietzshe, dilahirkan di Rocken, Prusia. Ayah dan kakeknya adalah pendeta-pendeta Lutheran. Ayahnya meninggal ketika Nietzsche masih berusia lima tahun. Kemudian, ia dibesarkan oleh ibunya di sebuah rumah di mana nenek serta kedua bibinya juga tinggal di situ. Ketika masih anak-anak Nietzsche saat taat pada agama.

Nietzsche belajar psikologi klasik di Universitas Bonn dan Universitas Leipzig (1864-1869). Di kota Bonn ia belajar teologi, tetapi kemudian berhenti karena sudah tidak percaya lagi pada ajaran agama yang dianutnya. Sebaliknya Nietzsche tetap belajar Filologi dan karena reputasinya yang menonjol di bidang ini, ia diangkat menjadi dosen Filologi klasik di Universitas Basel pada usia 24 tahun. Nietzsche mengajar di Basel selama 10 tahun (1869-1879), dan untuk ia menjadi warga negara Swiss.

0 comments: